Selamat Datang Semoga Dengan Kunjungan Anda Bloger Saya Bermanfaat

Rabu, 01 Desember 2010

Belajar komputer

Untuk menghasilkan uang dengan blog, tentu saja Anda harus mempunyai blog. Sebenarnya, ketika Anda membuat blog Anda sudah bisa memaksimalkan cara pembuatannya untuk SEO. Bagaimana caranya?

Kita mulai dari awal saja ya. Kita akan membuat blog terlebih dahulu. Silakan kunjungi http://www.blogger.com/http://www.blogger.com/ . Buatlah akun dan blog Anda.
Sebelum membuat sebuah blog Anda sudah harus mempunyai topik tertentu. Ini disebut niche. Ada banyak cara mendapatkan topik niche Tapi untuk saat ini Anda tentukan satu topik saja dulu.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang bagaimana cara blog menghasilkan uang, mari kita lihat dulu cara set up blog yang optimal. Saya akan membuat sebuah blog baru untuk Anda, harap Anda perhatikan tahap-tahapannya bagaimana membuat blog yang optimal untuk SEO.

Di situs blogger.com tadi pilih Create Account Catatan : sebenarnya di situs ini terdapat perintah dalam bahasa Indonesia, tapi untuk contoh ini saya menggunakan yang berbahasa Inggris. Pilihlah sebuah nama untuk blog Anda ini. Coba gunakan keyword Anda sebagai nama blog dan alamat URL nya (gunakan huruf kapital untuk nama blog, dan huruf kecil saja untuk alamat URL nya).

Misalnya blog baru Anda ini diberi nama "Cari Uang Online bagi Pemula" dengan menggunakan alamat "http://cariuangonline.blogspot.com"
Ketika dicek ternyata alamat ini sudah ada yang pakai (not available). Maka Anda dapat mencoba menggunakan garis datar (dash) pada alamat tersebut sehingga menjadi "http://cari-uang-online.blogspot.com" Perhatikan bahwa penggunaan garis datar tetap mempertahankan keyword Anda.

Cek lagi. Kalau ternyata alamat ini sudah ada yang pakai juga maka cobalah menambahkan kata yang lain pada alamat tersebut yang penting tetap pertahankan keyword Anda pada alamat. Misalnya menjadi http://cari-uang-online-pemula.blogspot.com/http://cari-uang-online-pemula.blogspot.com/"
Sewaktu dicek ternyata alamat ini tersedia. Perhatikan bahwa keyword untuk topik ini tetap di pertahankan dan masih relevan dengan judul/nama blog Anda. Catatan: makin popular (makin niche) suatu topik maka makin sulit mendapatkan alamat yang sesuai dengan keywordnya. Catatan lagi: penting untuk tetap mempertahankan keyword Anda pada judul/nama blog dan alamt URL nya, karena ini akan sangat sangat membantu untuk mendapatkan index dan menempati ranking tinggi di search engine.
Selanjutnya, isilah bagian word verification dan tekan Continue.
Selanjutnya Anda diminta untuk memilih template. Ada banyak template yang disediakan, tapi pilihlah saja template Minima (template ini adalah pilihan pertama dan biasanya secara default sudah terpilih). Secara tampilan template ini sudah profesional. Saya sering sekali menggunakan template ini. Artikel ini Anda baca di blog yang menggunakan template tersebut.
Continue untuk memilih template ini. Selanjutnya Anda masuk ke halaman yang berisi tulisan "Your Blog has been created" . Ya, blog Anda sudah jadi! Tekan "Start Posting" untuk mulai mengisi blog Anda.
Sebelum melakukan posting, masuklah ke bagian "Setting" dan kita akan lakukan beberapa penyesuaian.
Isilah di bagian Description. Pastikan Anda menggunakan keyword Anda minimal satu kali, lebih baik lagi kalau dua kali, di bagian Description ini. Misalnya : Cari Uang dengan Blog untuk Pemula Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Online Cara Mudah Cari Uang Perhatkan bahwa kita menggunakan keyword Cari Uang, Blog, Online, Cari Uang Online. Penggunaan tanda pipa ("|") tidak akan mempengaruhi search engine. Jadi bisa dibaca "Cari uang dengan blog dan bagaimana cara menghasilkan uang online dan bikin uang online". Setelah selesai di bagian ini, gulung layar ke bawah dan tekan "save setting". Jangan mengubah pilihan Yes/No pada kotak lainnya. Biar saja seperti adanya.
Pilih "Publishing" tab. Pilih "Yes" di bagian "Notify Webogs.com" (default-nya "No") kemudian tekan "Save Setting". Ini akan memungkinkan 'dunia luar' jadi tahu setiap kali Anda mem-posting sesuatu pada blog Anda tersebut.
Pilih "Formatting" Ganti bagian "Show" dengan angka 1 (default-nya 7). Pilih zona waktu Anda (WIB: GMT+7, WITA: GMT+8, WIT" GMT+9). Pilih "Yes" pada bagian "Show Link Field" Yang lain jangan diutak-atik. Kemudian tekan "Save Setting".
Pilih "Comments" Pilih "Show" untuk Backlinks Pilih "Yes" untuk Pop up Window.Pilih "Yes" untuk Word Verification.Masukkan email Anda untuk notifikasi komentar (setiap kali ada yang memasukkan komentar ke salah satu posting, maka Anda akan diberitahukan melalui email tersebut). Tekan "Save Settings", jangan utak-atik yang lainnya.

Pilih "Archiving"Pastikan bahwa frekuensi diatur ke "Monthly" dan "Enable Post Pages?" diatur ke "Yes".Tekan "Save Settings"

Pilih "Posting" dan sekarang kita akan mulai menulis posting pertama Anda. Perhatikan bahwa terdapat kotak Title Field, sebuah kotak Link Field, dan sebuah kotak yang lebih besar tempat kita mengetikkan posting. Sekali lagi penting untuk tetap memasukkan keyword Anda pada bagian Title Field tersebut. Ini berkaitan dengan SEO atau Search Engine Optimization.
Isikan alamat Anda tadi (http://cari-uang-online-pemula.blogspot.com/http://cari-uang-online-pemula.blogspot.com/) pada kotak Link Field.

Selanjutnya masukkan posting Anda. Tidak perlu terlalu panjang. Yang penting, selalu masukkan keyword Anda! Misalnya : Selamat datang di blog Cari Uang Online bagi Pemula. Di blog ini Anda akan mendapatkan tips dan trik untuk menghasilkan uang secara online Buatlah seperti begitu. Kemudian tekan "Publish" Selanjutnya tekan "View Blog".

Selamat, sekarang Anda sudah mempunyai blog. Blog yang optimal untuk SEO atau Search Engine Optimization.

Jika mau, selanjutnya anda dapat meng-costumize blog Anda tersebut. Pada bagian kanan sidebar blog Anda terdapat bagian yang disebut "Blog Archive" dan "About Me". Anda dapat menambah atau menghilangkan bagian apa saja dari blog Anda dengan memilih "Costumize" pada bagian kanan atas layar komputer Anda.
Misalnya Anda ingin menghilangkan bagian "About Me" dan menambahkan sebuah bagian untuk Adsense. (jangan pernah menghilangkan bagian "Blog Archive" agar pengunjung Anda dapat melihat posting-posting yang telah lalu).
Pilih "Costumize" Klik edit link pada bagian "About Me". Pilih "Remove Page Element", selanjutnya "Save Setting". Untuk menambahkan elemen, tekan "Add a Page Element" (Pilih yang bagian kanan, bukan yang bagian bawah)dari layar utama Costumize tadi.

Selanjutnya akan muncul layar yang berisi banyak pilihan elemen yang ingin ditambahkan. Klik "Add to Blog" pada bagian Adsense. (Jika Anda belum memiliki akun adsense maka ikuti instruksi yang diberikan untuk mendapatkannya. Anda akan memperoleh sebuah publisher ID dari Google yang memungkinkan Anda untuk memasang iklan Adsense di blog Anda). Pilih Format dan gunakan pilihan Blend Template (ini default-nya. Pilihan terhadap opsi ini akan membuat iklan Anda nantinya terlihat nyampur dengan elemen warna pada blog Anda secara keseluruhan, jadi tidak nampak seperti iklan).

Pada bagian kanan kolom iklan pilih format 160 x 600 vertical banner. Tekan "Save Changes" . Tekan "view Blogs" dan Anda dapat melihat iklan Adsense Anda telah tampil pada bagian kanan sebelah atas dari halaman blog Anda.
Perlu waktu sekitar 1-2 hari bagi Google untuk mereview blog Anda untuk memberikan iklan yang sesuai dengan topik blog Anda. Sambil menunggu maka Google akan menampilkan 'iklan layanan masyarakat' pada iklan Anda. Ini prosedur yang biasa, jadi harap sabar...:-)
Masih ingat kan kalau pada bagian awal tulisan ini saya sudah memperingatkan untuk selalu menggunakan keyword Anda. Jika Anda mengikuti peringatan saya maka blog Anda akan mudah untuk dikenali oleh Google, dalam arti Google akan mudah untuk meletakkan iklan yang sesuai/relevan dengan blog Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar